Thursday, December 1, 2011

Peringati Hari AIDS, Tegal Kampanye di Jalan

Memperingati Hari AIDS, Dinas Kesehatan Kota Tegal, PMI Kota Tegal, mahasiswa, dan LSM Laskar Merah Putih menyelenggarakan kampanye simpatik, Kamis (1/12/2011). Kegiatan itu dilaksanakan pada tujuh lokasi, di pinggir-pinggir jalan Kota Tegal.

Dalam kampanye tersebut, mereka berorasi dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan HIV/AIDS. Mereka juga mengajak masyarakat untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

Menurut Koordinator Peringatan Hari AIDS Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, kampanye simpatik dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama mencegah penyebaran HIV/AIDS.

Pada 2011, jumlah temuan kasus pengidap HIV/AIDS di Kota Tegal sebanyak 13 orang, terdiri dari 10 pengidap HIV dan tiga pengidap AIDS. Sementara pada 2010, jumlah temuan pengidap HIV/AIDS di Kota Tegal sebanyak 21 orang, terdiri 15 pengidap HIV dan enam pengidap AIDS.

Selama ini, golongan pengidap HIV/AIDS terbanyak berasal dari pelanggan pekerja seks komersial, PSK itu sendiri, pengguna narkoba jarum suntik, serta ibu rumah tangga yang merupakan isteri pelanggan PSK atau isteri pengguna narkoba jarum suntik. "Usia pengidap HIV/AIDS terbanyak yaitu usia 25 hingga 49 tahun," katanya.

No comments:

Post a Comment