Monday, November 3, 2008

Makanan Khas Tegal

Kupat Glabed
Merupakan salah satu makanan khas Tegal. Ketupat disajikan dengan kuah kental dan biasanya ditambah dengan hidangan pelengkap yaitu sate kerang. Bila kita ingin menikmati kupat glabed, kita bisa menjumpainya di Pasar Malam Kota Tegal, di pusat kota atau pedagang keliling yang masuk ke jalan - jalan kecil.

Kupat Blengong
Tidak jauh berbeda dengan kupat glabed. Yang membedakan adalah dalam hal penyajian, pada kupat blengong ketupatnya menggunakan pembungkus daun pisang, kuahnya tidak terlalu kental. Sedangkan hidangan pelengkapnya berupa sate blengong (blengong merupakan hewan hasil perkawinan silang antara itik dengan mentok).

Sate Kambing
Ciri khasnya yaitu, menggunakan daging kambing muda, ukuran sate yang cukup besar dan proses pembakaran dan cara penyajiannya. Daerah yang banyak dijumpai warung - warung sate di kota Tegal yaitu di daerah Debong Kecamatan Tegal Selatan.

Sate Ayam
Selain sate kambing, sate ayam juga merupakan salah satu makanan yang banyak dijumpai di kota Tegal. Dengan bumbu kacang yang khas menjadikan sate ayam banyak digemari oleh masyarakat kota Tegal sendiri maupun para pendatang.

Ikan Bakar
Sebagai kota pantai, Tegal kaya akan berbagai jenis ikan sehingga masyarakat dapat menjumpai warung atau rumah makan yang menyajikan menu ikan bakar. Adapun jenis ikan yang biasa disajikan yaitu : ikan kakap, bawal, prapu, pihi, dorang, udang, cumi dan kerang.

Soto Tegal
Soto bukan hanya makanan khas Tegal saja, tetapi daerah - daerah lain seperti Semarang, Jakarta, Lamongan, Banyumas juga memiliki makanan khas berupa soto. Tapi yang membedakan antara Soto Tegal dengan soto - soto daerah lainnya adalah karena rasa dan aroma tauco yang tidak bisa dijumpai pada soto - soto dari daerah lain.

Nasi Lengko
Bahan pokok pembuatannya berupa nasi dan beberapa sayuran segar (timun, kubis, dan kecambah) yang diiris kecil - kecil lalu diberi bumbu kacang dan kecap.

Latopya
Mirip bakpia Yogyakarta. Kalau dilihat sepintas bentuknya hampir sama, namun bila dimakan rasanya jauh berbeda yaitu pada latopya terasa gurih dan ada beberapa pilihan isinya, antara lain isi kacang hijau, buah dan coklat.

sumber : http://www.kota-tegal.go.id


1 comment:

  1. kurang om.. pilus, kacang asin, karo wedang teh gula batu aja sampe klalen..

    ReplyDelete